Minggu, 08 Januari 2017

PENGEMBANGAN CATATAN MATA KULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER


DISAJIKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS INDIVIDU
Mata Kuliah    : Organisasi dan arsitektur komputer
Dosen              : Purwantoro., M.kom





DISUSUN OLEH:


Wisnu Nurdiansyah
011501503125066


                                   

UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA
TEKNIK INFORMATIKA
BEKASI, 2016


KATA PENGANTAR

Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya kepada penulis, sehingga penulis berhasil menyelesaikan tugas individu yaitu sebuah “Pengembangan  catatan mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer”
Pembuatan catatan ini bertujuan untuk memenhi tugas mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer. Latar belakang pembuatan catatan ini yaitu karna penulis berpikir bahwa Bpk purwantoro M.kom adalah tipe dosen yang selalu membimbing agar mahasiswanya selalu berinovasi dalam proses belajar mengajar, itulah alasan kenapa penulis menciptakan sebuah “Pengembangan catatan mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer”.
            Penulis menyadari bahwa catatan ini masih jauh dari sempurna, oleh karna itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan catatan ini.
            Akhir kata, penulis sampaikan terimakasih kepada semua pihak  yang telah berperan serta dalam penyusunan catatan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita.
Amin

Bekasi, 20 Desember 2016


Wisnu Nurdiansyah
USNI 



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................. i
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ii
BAB I Pengertian dan perbedaan Organisasi dan Arsitektur Komputer ...... 1
Pengertian organisasi dan arsitektur komputer........................................................ 1
Perbedaan organisasi dan arsitektur komputer........................................................ 1
Perbedaan utama...................................................................................................... 4
BAB II Organisasi dan arsitektur komputer menurut para ahli...................... 6
Pengertian organisasi menurut para ahli.................................................................. 6
Pengertian arsitektur menurut para ahli................................................................... 7
Pengertian komputer menurut para ahli................................................................... 8
BAB III Jawaban pertanyaan dalam slide power point dosen........................ 10
Struktur detail komputer IAS................................................................................. 10
Metode untuk mengatasi perkembangan prosesor................................................. 14
Perbedaan CISC dan RISC.................................................................................... 16
Memori.................................................................................................................. 21
BAB IV PENUTUP.............................................................................................. 23
Kesimpulan............................................................................................................ 23
Daftar pustaka........................................................................................................ 24




BAB I
Pengertian dan perbedaan organisasi dan arsitektur  komputer
1.        Pengertian
Arsitektur komputer mempelajari atribut  - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer. Contoh set intruksi, aritmetika yang digunakan, tekhnik pengalamatan, mekanisme I/O.
Organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit – unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. Contoh: sinyal kontrol, interface, tekhnologi memori.
2. Perbedaan
            Arsitektur komputer perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang di desain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalalm hal ini, implementasi perencanaan dari masing – masing bagian akan lebih difokuskan terutama mengenai bagaimana CPU akan bekerja dan  mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori chache, RAM, ROM, cakram keras, dll.
            Dalam bidang tekhnik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan strktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer. Biasanya mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program. Arsitektur komputer adalah konsep pereencanaan dan struruktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer. Biasanya mempelajadri atribut – atribut sister komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
            Arsitektur computer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang di desain (kecepatan proses dan system interkoneksinya), dalam implementasi perencanaan dari masing – masing bagian akan lebih di fokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memory cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur computer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll. Arsitektur computer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen – komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah computer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja dan target biayanya.
Arsitektur computer mempelajari atribut –aribut system computer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Sebagaimana contoh: set intruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur computer ini paling tidak memiliki 3 sub-kategori:
1.      Set intruksi (ISA)
2.      Arsitektur mikro dari ISA dan
3.      System desain dariseluruh komponen dalam perangkat keras computer ini.

Organisasi computer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun system computer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah hardware, perangkat antar muka, tekhnologi memory dan sinyal – sinyal control.
Mari kita mulai bahasan organisasi komputer dengan mengetahui dahulu, unit – unit pada komputer yang terdiri atas :
·         Unit masukan
·         Unit keluaran
·         Unit pemrosesan data
·         Unit pentimpanan data
Kemudian, organisasi komputer mempunyai struktur dan fungsi yaitu :
-          Struktur komputer adalah cara komponen – komponen komputer saling terkait dan berhubungan
-          Fungsi komputer adalah operasi masing – masing komponen sebagai bagian dari struktur dibawah ini :
Struktur utama komputer
Yang terdiri dari CPU, Main proses, sistem inteconection, dan input output fungsi dari CPU yakni sebagai unit proses pada komputer dan memproses data. Fungsi main komputer adalah sebagai tempat penyimpanan sementara data  - data yang sedang beroperasi. Fungsi sistem interconection yakni untuk menghubungkan diantara ketiga elemen CPU – main memory – input dan output untuk disinktonisasikan dan dijalankan oleh komputer.
Fungsi input untuk memasukan sesuatu data melalui perangkat input yaitu keyboard, scanner, USB, camera, recorder, dan lainnya, sedangkan output yaitu segala sesuatu yang berupa keluaran (output), seperti : Layar, in focus, proyektor dan sebagainya.
Struktur CPU
CPU terdiri atas register, ALU, internal CPU interconection dan control UNIT. Register adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengoprasian pada CPU.
ALU ( Arithmetic and logic unit ) adalah unit yang mengatur perhitungan dan operasi perhitungan seperti : penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakran, dan sebagainya.
Internal CPU interconection yaitu bagian yang mengatur kinerja dalam lingkup CPU, sama hal nya dengan sistem interconection pada komputer yang menyelaraskan antar komponen.

Perbedaan utama
Organisasi komputer
Bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasioonal. Contoh : tekhnologi hardware, perangkat antarmuka, tekhnologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
            Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak – biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain kecepatan proses dan sistem interkoneksinya. Dalam hal ini, implementasi perencanaan masing – masing bagian akan di fokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, hardisk dll.


BAB II
Pengertian organisasi menurut para ahli:
1. Menurut chester I.Barnard
Chester I.Barnard mengemukakan dalam buku beliau yang berjudul the function of the excekutive, organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha – usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
2. Menurut james D.Mooney
Dalam buku beliau yang berjudul the principles oof organization. Organisasi ada;ah segala bentuk persatuan / perserikatan manusia untuk tujuan bersama.
3. Menurut sir toner
Organisasi adalah sebuah pola yang menghubungkan orang – orang dibawah arahan pimpinan (manager) untuk mencapai atau mengejar tujuan bersama.
4. Menurut stephen P.Robins
Stephen P.Robins mengemukakan bahwa organisasi adalah kesatuan aspek sosial yang terkordinasi secara sadar, dengan satu batasan yang cukup relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja secara relatif dan terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.
Pengertian arsitektur menurut para ahli:
1. Menurut robert gutman (1976)
Arsitekur sesungguhnya merupakan kulit ketiga manusia. Arsitektur merupakan lingkungan buatan yang bukan saja menjembatani antara manusia dengan lingkungan melainkan sekaligus merupakan wahana ekspresi kultural untuk menata kehidupan jasmaniah, psikologis dan sosial manusia.
2. Menurut claudi (1979)
Arsitektur adalah suatu yang bersifat personal, menyenangkan dan memerlukan pengalaman. Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga pengalaman arsitektur: aspek fisikal, emosional dan kebutuhan intelektual. arsitektur: aspek fisikal, emosional dan kebutuhan intelektual.
3. Menurut amos rappoport (1981)
Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata – pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarakat, yang diwadahi dan sekaligus mempengaruhi atsitektur.
4. Menurut JB. Mangunwijaya (1992)
Arsitektur sebagai vastuvidya yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana).
Sedangkan komputer secara umum  adalah sekumpulan alat elektronik dimana satu dengan yang lainnya saling bekerja sama terkoordinasi dibaawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data atau input lalu mengolah data tersebut dengan menghasilkan informasi (output).
1. Menurut Robert H. Blissmer
Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, mentimpan printah – printah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
2. Menurut V.C Hamacher Et Al
Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital. Memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dengan menghasilkan output informasi.
3. Menurut Elias M. Awad
Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
4. Menurut Donald H sanderes
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta diarangcang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input memprosesnya, menghasilkan outout dibawah pengawasan suatu langkah – langkah intruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan didalam penyimpananya (Stored prgram),
Organisasi dan arsitektur komputer
Pengertian dari organisasi dan arsitektur komputer yaitu, organisasi komputer mempelajari bagian – bagian yang terkait dengan unit – unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. Contoh : Sinyal kontrol, interface, tekhnologi memori.
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer. Contoh set intruksi, aritmetika yang digunakan, tekhnik pengalamatan, dan mekanisme I/O


BAB III

STUKTUR DETAIL KOMPUTER IAS
Komputer IAS pada tahun 1946 didesain oleh Von Neumann bersama koleganya dengan konsep pemrograman yang kemudian disebut dengan IAS Computer (Computer of Institute for Advanced Studies)karena dikembangkan di Computer of Institute for Advanced Studies.
Secara umum, struktur dari komputer IAS adalah sebagai berikut:
1. Memori utama, untuk menyimpan data dan intruksi.
2. Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner
3. Control Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi - instruksi di dalam memori sehingga  adanya eksekusi instruksi tersebut
4. I/0, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar

Gambar 1. Struktur Umum Komputer IAS
Secara detail Komputer IAS memiliki 1000 lokasi penyimpanan x 40 bit words, dengan rincian:
• Binary number
• 2 x 20 bit instructions
Dengan format memori sebagai berikut :
Gambar 2. Format Memori Struktur Komputer IAS

Gambar 3. Struktur Detail Komputer IAS
ALU-IAS (Computer of Institute for Advanced Studies)
1. Memory  Buffer  Register  (MBR), berisi  sebuah  word  yang  akan disimpan  di  dalam  memori  atau digunakan  untuk  menerima  word dari memori.
2. Memory  Address  Register  (MAR), untuk  menentukan  alamat  word  di memori  untuk  dituliskan  dari  MBR atau dibaca oleh MBR.
3. Instruction  Register  (IR),  berisi instruksi  8  bit  kode  operasi  yang akan dieksekusi.
4. Instruction  Buffer  Register  (IBR), digunakan  untuk  penyimpanan sementara  instruksi  sebelah  kanan word di dalam memori.
5. Program Counter (PC), berisi alamat pasangan  instruksi  berikutnya  yang akan diambil dari memori.
6. Accumulator  (AC)  dan  Multiplier Quotient  (MQ),  digunakan  untuk penyimpanan  sementar operand dan  hasil  ALU.  Misalnya,  hasil perkalian  2  buah  bilangan  40  bit  adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit yang  paling  berarti  (most  significant bit)  disimpan  dalam  AC  dan  40  bit lainnya  (least  significant  bit) disimpan dalam MQ.
7.  IAS  beroperasi  secara  berulang membentuk  siklus  instruksi. Komputer  IAS memiliki  21  instruksi, yang  dapat  dikelompokkan  seperti berikut ini :
-Data  tranfer,  memindahkan data  di  antara  memori  dengan register  –  register  ALU  atau antara dua register  ALU sendiri.
-Unconditional  branch,  perintah- perintah  eksekusi  perca-bangan tanpa syarat tertentu.
-Conditional  branch,  perintah- perintah  eksekusi  percabangan yang  memerlukan  syarat tertentu  agar  dihasilkan  suatu nilai dari percabangan tersebut.
-Arithmetic,  kumpulan  operasi  – operasi yang dibentuk oleh ALU.
-Address  Modify,  instruksi  – instruksi  yang  memungkinkan pengubahan  alamat  saat  di komputasi  sehingga memungkinkan  fleksibilitas alamat  yang  tinggi  pada program.
Metode untuk mengatasi perkembangan prosesor dengan komponen lainnya
Metode yang digunakan adalah dengan memilih inti (core) dari processor dan clock speed yang setara dengan komponen komputer lain. Missal , Komputer dengan satu processor atau satu core processor bisaanya memiliki dua buah bridge, northbridge dan southbridge.
Northbridge mengatur pertukaran data antara processor, VGA Card/graphic card (PCI Express atau AGP) dan memory (RAM), untuk itu disetarakan dengan clock speed pada komponen VGA card dan RAM agar kinerja processor stabil, sedangkan Southbridge mengatur pertukaran data pada I/O device pada perangkat komputer namun tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja. Hal ini akan terlihat pebedaannya ketika komputer dipergunakan untuk akses render video atau game yang membutuhkan speed clock dan graphic yang kuat dibanding hanya untuk memproses aplikasi office. Pada dasarnya metode yang diberlakukan hanya dengan mengidentifikasi processor dari perkembanganya. Setiap perubahannya itu di identifikasi dari segi bentuk dan ukuran serta kinerja dalam pemrosesannya.
Clock speed adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. Ini diukur sebagai dalam frekuensi `hertz, dan paling sering mengacu pada kecepatan CPU komputer, atau Central Processing Unit. Clock speed merupakan frekuensi kecepatan tindakan yang sangat tinggi, satuannya adalah megahertz dan gigahertz. 1 megahertz artinya satu-juta siklus per detik, sementara gigahertz adalah satu-milyar siklus per detik. Jadi komputer dengan kecepatan clock 800MHz berjalan 800.000.000 siklus per detik, sedangkan komputer 2.4GHz berjalan 2.400.000.000 siklus per detik.
Bagaimana Clock speed, digunakan sebagai standar kecepatan komputer adalah masalah yang masih jadi pertentangan, dan sebagian besar pembuat chip tampak menuju pada kesimpulan bahwa Clock speed harus ditinggalkan sebagai nilai utama yang diberikan. Masalahnya datang dari kenyataan bahwa, walaupun Clock speed bekerja sebagai indikator yang cukup handal, terjadi persaingan antar perusahaan chipset yang berbeda pendapat itu. Salah satu alasan Clock speed CPU tidak dapat diandalkan sebagai kecepatan komputer secara keseluruhan adalah banyak faktor lain yang ikut bermain. Jumlah RAM komputer, Clock speed RAM, Clock speed dari front-side bus, dan ukuran cache, semua itu memainkan peran penting dalam menentukan kinerja komputer secara keseluruhan.
Ketika membandingkan satu chip Intel Pentium dengan Pentium chip lain misalnya, clock speed merupakan indikator yang cukup baik. Komputer berbasis Pentium 800Mhz akan melakukan tugas prosesor sekitar dua kali kecepatan komputer Pentium 400MHz. Ketika membandingkan prosesor perusahaan yang berbeda, bagaimanapun juga  cerita akan berubah. Jika kita melihat pada kedua chip yaitu Pentium dan chip AMD misalnya, kita menemukan bahwa AMD cenderung untuk melakukan tugas yang lebih cepat dari Pentium pada kelas yang sebanding. Sebuah chip AMD 1.8GHz performanya melebihi signifikan chip Pentium 1.8Ghz, bahkan melakukan mendekati kecepatan Pentium 2.2GHz.
Untuk alasan ini, AMD berhenti menetapkan clock speed mereka sebagai metode utama beriklan bagi komputer mereka. AMD Athlon 64 3000, misalnya, memiliki kecepatan clock hanya 1.8GHz, tetapi AMD bertekad untuk menjadi kira-kira sebanding dengan Pentium 4 pada 3GHz. Intel sendiri juga mulai menjauh dari iklan clock speed, terutama karena pengenalan mereka pada laptop-oriented M, yang memiliki kecepatan clock jauh lebih rendah untuk mengoptimalkan kinerja portabel. Dengan tetap berpegang pada model clock speed, Intel membuat komputer Pentium-M-nya terlihat seperti lambat dan lemah dibandingkan dengan model Pentium 4 mereka.
Walaupun clock speed masih bisa memberikan gambaran umum tentang daya komputasi, pada saat ini orang-orang lebih sering merekomendasikan benchmark untuk membandingkan kecepatan komputer. Melihat hasil pengukuran bagaimana berbagai prosesor menangani tugas-tugasnya, akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana komputer akan bekerja untuk Anda. Satu komputer dapat secara signifikan lebih cepat dari yang lain dengan mengubah gambar dalam program desain grafis, misalnya, tetapi lebih lambat pada permainan video-intensif. Paradigma ini lebih baik, artinya peringkat ditentukan oleh kemampuan komputer melakukan tugas tertentu, bukan fokus secara eksklusif pada clock speed. Dengan demikian akhirnya konsumen akan lebih memahami seperti apa produk yang mereka bisa harapkan.
Perbedaan CISC dan RISC
CISC ( Complex Instruction Set Computing )
Complex Instruction Set Computing (CISC) atau kumpulan instruksi komputasi kompleks. Adalah suatu arsitektur komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memori (load), operasi aritmatika, dan penyimpanan ke dalam memori (store) yang saling bekerja sama.
Tujuan utama dari arsitektur CISC adalah melaksanakan suatu instruksi cukup dengan beberapa baris bahasa mesin yang relatif pendek sehingga implikasinya hanya sedikit saja RAM yang digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi tersebut. Arsitektur CISC menekankan pada perangkat keras karena filosofi dari arsitektur CISC yaitu bagaimana memindahkan kerumitan perangkat lunak ke dalam perangkat keras.
Karakteristik CISC
Sarat informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat
Dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit) Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan

Ciri-ciri
·         Jumlah instruksi banyak
·         Banyak terdapat perintah bahasa mesin
·         Instruksi lebih kompleks
Pengaplikasian CISC yaitu pada AMD dan Intel
RISC (Reduced Instruction Set Computer)
RISC singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk negeset istruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya.
Sejarah RISC
Proyek RISC pertama dibuat oleh IBM, stanford dan UC –Berkeley pada akhir tahun 70 dan awal tahun 80an. IBM 801, Stanford MIPS, dan Barkeley RISC 1 dan 2 dibuat dengan konsep yang sama sehingga dikenal sebagai RISC.
RISC mempunyai karakteristik :
• one cycle execution time : satu putaran eksekusi. Prosessor    RISC mempunyai CPI (clock per instruction)
atau waktu per instruksi untuk setiap putaran. Hal ini dimaksud untuk mengoptimalkan setiap instruksi pada CPU.
• pipelining : adalah sebuah teknik yang memungkinkan dapat melakukan eksekusi secara simultan.Sehingga proses instruksi lebih     efiisien
• large number of registers : Jumlah register yang sangat banyak. RISC di Desain dimaksudkan untuk dapat menampung jumlah register yang sangat banyak untuk mengantisipasi agar tidak terjadi interaksi yang berlebih dengan memory.
Ciri-ciri
·         Instruksi berukuran tunggal
·         Ukuran yang umum adalah 4 byte
·         Jumlah pengalamatan data sedikit,
·         Tidak terdapat pengalamatan tak langsung
·         Tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi load/store dengan operasi aritmatika
·         Tidak terdapat lebih dari satu operand beralamat memori per instruksi
·         Tidak mendukung perataan sembarang bagi data untuk operasi load/ store.
·         Jumlah maksimum pemakaian memori manajemen bagi suatu alamat data adalah sebuah instruksi .
Pengaplikasian RISC yaitu pada CPU Apple
Perbedaan RISC dengan CISC dilihat dari segi instruksinya :
RISC ( Reduced Instruction Set Computer )
- Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor
- Instruksi sederhana bahkan single
- Load / Store atau memory ke memory bekerja terpisah
- Ukuran kode besar dan kecapatan lebih tinggi
- Transistor didalamnya lebih untuk meregister memori
CISC ( Complex Instruction Set Computer )
- Lebih menekankan pada perangkat keras, sesuai dengan takdirnya untuk pragramer.
- Memiliki instruksi komplek. Load / Store atau Memori ke Memori bekerjasama
- Memiliki ukuran kode yang kecil dan kecepatan yang rendah.
-Transistor di dalamnya digunakan untuk menyimpan instruksi – instruksi bersifat komplek.
Contoh-contoh RISC dan CISC:
RISC :
1. Komputer vektor
2. Mikroprosesor Intel 960
3. Itanium (IA64) dari Intel Corporation
4. Power PC dari International Business Machine, dll.
CISC :
1. Prosesor system/360
2.  Intel x86
3. Prosesor PDP-11
4.CPU/AMD
Interupsi sistem operasi
Interupsi adalah pusat sistem operasi, yang menyediakan cara efisien bagi sistem operasi untuk berinteraksi dan bereaksi terhadap lingkungannya. Pemrograman berbasis interupsi secara langsung didukung hampir seluruh CPU modern. interupsi menyediakan cara otomatis menyimpan isi register local dan menjalankan kode khusus sebagai respon terhadap sebuah kejadian. Bahkan komputer yang paling dasar sekalipun mendukung interupsi hardware dan membolehkan pemrogram untuk menentukan kode yang akan di jalankan ketika terjadi sebuah kejadian.
Ketika sebuah interupsi diterima, hardware komputer secara otomatis menunda program apapun yang sedang dijalankan, menyimpan statusnya dan menjalankan kode komputer yang berhubungan dengan interrupsi yang terjadi sebelumnya. Dalam sistem operasi modern, interupsi ditangani oleh kernel sistem operasi. Interupsi bisa datang dari hardware komputer atau program yang sedang jalan.
Interupsi Sistem disebabkan kejadian ekternal dan tak bergantung proses yang saat itu sedang running pada Diagram State Proses.
Pada kejadian interupsi, kendali lebih dulu ditranfer ke interupt handler yang melakukan penyimpanan data-data dan kemudian beralih ke rutin sistem operasi yang berkaitan dengan tipe interupsi itu.
MEMORI
Memori pada komputer memiliki jenis dan keberagaman yang tidak sama, begitupun dengan kapasitas yang dimilikinya. Masing-masing komputer memiliki beberapa jenis memori sesuai dengan subtipe komputer itu sendiri serta sesuai dengan fungsi dan sistem yang ada di dalam komputer itu juga
Memori juga dikategorikan berdasarkan tugasnya masing-masing di dalam sebuah komputer. Karena memori merupakan subuah perangkat yang paling penting dalam sebuah komputer, maka tidak heran jika tanpa memori sistem dalam sebuah komputer tidak bisa berjalan secara maksimal.
Pada komputer PC maupun laptop, memori mendukung terciptanya fungsi dan spesifikasi dari komputer itu sendiri. Memori berhubungan erat dengan komponen yang tersalurkan dengan penyimpanan data hingga membuka kembali data yang telah tersimpan. Mengingat pentingnya sebuah memori dalam sebuah komputer, prosesor akan bergantung pada memori.
Jika komputer tidak memiliki memori maka prosesor tidak menemukan apa-apa dalam komputer yang ingin diproses. Sebagai pengguna komputer, pastinya kita harus mengenal beberapa jenis memori pada komputer. Untuk jenis memori yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
A. RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan memori penyimpanan data sementara pada komputer. RAM akan berfungsi ketika komputer berjalan, sedangkan jika komputer dimatikan data yang tersimpan oleh RAM akan hilang jika penyimpanan dilakukan sebelum prosesor pada komputer bekerja karena  data yang ada di komputer seutuhnya akan di simpan oleh Hardisk. RAM diperlukan sebagai penyeimbang data yang keluar masuk ke hardisk.
RAM sendiri memiliki dua jenis yakni SRAM (static RAM) dan DRAM (dinamic RAM). RAM yang telah penuh akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Pada program komputer yang dijalankan secara bersamaan akan membuat virtual memori mencari bagian RAM yang belum terisi sehingga selanjutnya bisa disalin ke hardisk komputer.
B. Cache
Cache adalah salah satu jenis RAM yang lebih responsif dibandingkan dengan RAM biasa. Pemeriksaan oleh CPU mengenai penyimpanan dalam memori cache sebelum ke memori pusat  akan memudahkan komputer menemukan informasi mengenai penyimpanan yang lebih besar hingga akhirnya ektraksi data akan berjalan lebih cepat dan tepat.
C. ROM (Read Only Memory)
Karena merupakan memori aktif, ROM dapat bekerja saat komputer hidup maupun mati. Isi di dalam ROM tidak bisa dimodifikasi ataupun dirubah. Memori jenis ini adalah sirkuit terpadu sebelum diprogramnya data penting dan harus selalu ada pada komputer demi terlaksananya fungsi normal.
D. Flash Disk
Memori ini merupakan jenis memori eksternal yang memudahkan pengguna komputer dalam proses pemindahan/transfer data dari komputer satu ke komputer lain secara nyaman dan mudah. Flash disk banyak digunakan oleh pengguna komputer karena mudah di bawa kemana-mana dan mampu menyimpan data dengan cepat. Untuk kapasitas penyimpanan tergantung seberapa besar kapasitasnya, mengingat flash disk satu dengan yang lain beberapa tidak sama. Data yang ada di dalam flash disk dapat diprogram sesuai keinginan pengguna mulai dari fungsi menyimpan data hingga menghapusnya.
E. Hardisk
Hardisk merupakan hardware penyimpan data penting yang ada di dalam sebuah komputer. Untuk kapasitas dari hardisk sendiri saat ini berkisar pada angka 120 GB sampai 500 GB. Bagi yang ingin menyimpan data pada komputer, hardisk memiliki kapasitas yang besar dan mampu menampung data Anda dengan nyaman juga mudah baik ke dalam memori ataupun transfer data dari memori.
Fasilitas komputer sampai saat ini bisa menjadi hal yang memudahkan para pemilik data, baik dengan media  penyimpanan yang dimiliki komputer secara internal dsn konteks eksternal demi sebuah keamanan juga kenyamanan pengguna. Selain jenis memori di atas, masih ada banyak jenis memori penyimpanan data komputer.


BAB IV
 PENUTUP

Kesimpulan
Pengertian dari organisasi dan arsitektur komputer yaitu, organisasi komputer mempelajari bagian – bagian yang terkait dengan unit – unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. Contoh : Sinyal kontrol, interface, tekhnologi memori.
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer. Contoh set intruksi, aritmetika yang digunakan, tekhnik pengalamatan, dan mekanisme I/O


D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar